Festival Pantai Pungkruk

foto: www.wisataterindah.net
   Pantai Pungkruk adalah sebuah lokasi wisata kuliner yang ada di Jepara. Lokasinya yang berada di pantai membuat pengunjung tidak hanya menikmati kuliner Jepara yang menggoda seperti pindang serani, kepiting, rajungan dan hasil laut lainnya tapi juga menikmati indahnya Pantai Pungkruk. Pantai dengan hamparan pasir putih, ombak yang tenang dan pemohonan yang rindang.

   Di pantai yang jaraknya sekitar 7 km dari pusat kota ini, terdapat banyak rumah makan yang menyediakan makan hasil laut atau seafood bahkan beberapa diantaranya menyediakan gazebo gazebo diatas air pantai Pantai Pungkruk. Keindahan pantai dan nikmatnya kuliner yanga ada membuat pantai pungkruk menjadi tempat favorit pencinta kuliner baik dari Jepara maupun kota lain sekitar Jepara. Seiring dengan berjalanan nya waktu daerah tersebut banyak berdiri kafe dan tempat karaoke, Hal itu dinilai membuat citra negatif terhadap wilayah itu. Lebih dari 100 gadis pemandu karaoke yang berpenampilan menggoda mata lelaki terdapat di wilayah tersebut.

  Agustus 2015, Pemerintah daerah Jepara melakukan penertiban meski sempat mendapat perlawanan akhirnya kawasan tersebut berhasil ditertibkan. Kini Pantai Pungkruk tidak seramai dulu, keterpurukan pantai pungkruk di Desa Mororejo Kecamatan Monggo Jepara mengundang keprihatinan semua pihak Terutama para pelaku wisata di daerah tersebut. Karena kondisi ini tidak hanya membuat aset Pemkab Jepara mangkrak tapi roda perekonomian juga mati suri. Sehingga trobosan baru perlu dilakukan untuk menggairahkan kembali sektor wisata di lokasi tersebut.

  Dengan kegiatan kegiatan yang positif dan inovatif sekaligus mengubur citra negatif yang pernah melekat pada destinasi wisata ini. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab Jepara bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Jepara, JAYA KIA TRADE dan CV NBL Media Group mengadakan acara Festival Pantai Pungkruk. Adapun acara akan diselenggarakan Sabtu 6 Mei 2017 dan diperkirakan akan di ikuti oleh 5.000 orang. Selain festival kuliner yang akan diikuti oleh chef dan siswa SMK Tata Boga juga akan di adakan festival fotografi wisata jepara, festifal kebaya & tata rias, festival kroncong, langgam, campursari dan Trike flying & paramator show.

Komentar