Pencanangan Kampung KB di RW 4 Desa Tubanan, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara


  Kampung KB merupakan salah satu contoh dalam pelaksanaan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) 2015-2019. Dengan melibatkan seluruh bidang yang ada di lingkungan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan bekerjasama dengan instansi terkait sesuai dengan kebutuhan dan kondisi wilayah setempat.

  Kriteria Desa yang dapat diikut sertakan dalam program Kampung KB salah satunya adalah metode perencanaan keluarga berencananya masih rendah, tingginya angka kelahiran, serta masih banyaknya pernikahan usia muda.

  Tujuan terbentuknya Kampung KB adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakan ditingkat kampung atau setara melalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

  Untuk mewujudkan semua itu, hari ini Rabu (2/8) diadakan pencanangan Kampung KB di RW 4 Desa Tubanan Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara. Kegiatan yang bertempat di Balai Desa Tubanan ini dihadiri oleh perangkat desa, camat kembang, dan instansi terkait yang ada di Jepara.

  Antusias para warga terlihat sangat jelas, banyak ibu ibu yang hadir dan memenuhi lokasi tempat pelayanan KB gratis, serta berbelanja di stand yang berjejer disepanjang jalan depan kantor balai Desa Tubanan yang menjajahkan produk produk olahan masing masing RW.

  Dalam acara tersebut juga disampaikan penyerahan bantuan secara simbolis berupa bibit tanaman holtikultur seperti tomat, lombok, terong sebanyak 500 batang dan bibit buah buahan seperti pepaya dan blimbing sebanyak 200 batang dari DKPP Kab. Jepara. Bibit tanaman keras seperti sengon,trembesi,maoni sebanyak 1000 batang dan gerobak sampah sebanyak 1 buah dari DLH Kab. Jepara. 55 paket sembako dari Dinas Kesehatan Kab. Jepara. Jamban sehat sebanyak 5 KK dari Dinkes Kab. Jepara. Pemugaran rumah tidak layak huni sebanyak 70 rumah dari Disperkim Kab. Jepara dan 100 paket sembako untuk akseptor KB MKJP dari DP3AP2KB Kab. Jepara.


Komentar