Tubanan Desa Tanggap Bencana


Sebagai bentuk kepedulian PLN Tanjung Jati B terhadap lingkungan, PLN Tanjung Jati B bersama dengan Karang Taruna Dharma Persada Desa Tubanan mengadakan kegiatan pelatihan pemuda siaga bencana.

Launching pelatihan pemuda siaga bencana atau desa tanggap bencana diadakan di balai desa tubanan, Senin  (12/2) dan dihadiri oleh General Manager PLN Tanjung Jati B Ari Basuki bersama, Bupati Jepara yang diwakili oleh Sekda Jepara Ir. Sholih, M.M, peserta pelatihan dan tamu undangan.

Pelatihan diikuti oleh 50 orang dari empat desa terdekat PLTU Tanjung Jati B yaitu Desa Tubanan, Kaliaman, Kancilan dan Bondo. Dalam hal ini Karang Taruna Dharma Persada Desa Tubanan bekerja sama dengan TAGANA (Taruna Siaga Bencana) Kabupaten Jepara dan Provinsi Jawa Tengah.

TAGANA  merupakan salah satu badan/lembaga/organisasi untuk penanggulangan bencana dan penanganan korban bencana dibawah koordinasi Dinas Sosial di tingkat daerah (Kabupaten/Kota) seluruh wilayah Indonesia.

Peseta pelatihan akan dibekali pengetahuan dan keahlian tentang proses evaluasi atau penyelamatan korban, pencarian dan pertolongan pertama pada korban baik di darat maupun di air, hingga penanganan korban ketika selama dalam pengungsian, serta pendistribusian bantuan baik obat-obatan maupun logistik seperti bahan makanan dan minuman, selimut, tenda darurat, dan kebutuhan lainnya.

Diharapkan dengan pelaksanaan program pelatihan pemuda siaga bencana ini mampu memberikan pengetahuan dan pemahaman masyarakat khususnya pemuda tentang resiko dan ancaman adanya bencana alam yang dapat terjadi sewaktu-waktu apalagi beberapa waktu ini Jepara sering terjadi bencana alam khususnya banjir.

Komentar